VIDEO: Kala Legislator Kritis Ngamen, Sugali “Bongkar” Terinspirasi Karya Iwan Fals

VIDEO: Kala Legislator Kritis Ngamen, Sugali “Bongkar” Terinspirasi Karya Iwan Fals

896
0
BERBAGI

Makassar, SuaraInfo.com — Legislator DPRD Kota Makassar, Susuman Halim mempertontonkan suara merdunya di salah satu kedai di Jln AP Pettarani, Makassar, belum lama ini. Sugali, sapaan akrabnya, usai makan keluar dan request lagu, dia langsung diiringi oleh dua musisi jalanan, guitar dan gendang kejong .

Sugali menyanyikan tembang Iwan Fals yang juga sangat digandrungi anak muda era 90-an. Tidak sembarang lagu, Sugali yang saat ini duduk sebagai wakil rakyat memang dikenal sangat kritis, bahkan lebih tajam dari kritikan Iwan Fals yang dituangkan dalam karya lirik lagu.

Bisa jadi, nama Sugali, terinspirasi dengan pencipta lagunya, Iwan Fals yang juga sangat dikenala kritis dan antikemapanan.

Di penghujung era 90-an, Sugali juga dikenal aktivis mahasiswa yang antikemapanan, termasuk satu aktivis yang aktif melakukan aksi unjuk rasa pada reformasi 1998 yang menumbangkan rezim Presiden Soeharto. Kala itu, Sugali tercatat mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 45, yang kini berganti nama menjadi Universitas Bosowa.

Bahkan dalam catatan sejarahnya, Sugali beberapa kali mengomandoi massa aksi unjuk rasa di Makassar. Hingga menjabat sebagai legislator, dia masih dikenal aktif memberikan kritikan kepada pejabat publik, bahkan tidak segang-segang sesama anggota DPRD pun ia kritiki.

Kemarin, Sugali mempertontonkan fanatismenya terhadap Iwan Fals. Legislator Demokrat ini melantunkan lagu Pesawat Tempurku saat makan malam bersama Ketua Fraksi Demokrat Abdi Asmara di satu kuliner di bilangan Jl AP Pettarani.

Ditanya terkait kegandrungannya dengan lagu Iwan Fals, Sugali mantan Wakil Ketua Komisi A DPRD Makassar yang kini dipercaya jadi anggota Komisi C mengaku, hampir semua tembang Iwan Fals dihafalnya.

“Sejak SMA saya fanatik dengan lagu lagu Iwan Fals yang dikenal kritis. Hampir semua lagunya saya hafal,” katanya sambil berlalu.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

12 − two =