Setwan DPRD Makassar Diskusikan Sinergitas Eksekutif & Legislatif

Setwan DPRD Makassar Diskusikan Sinergitas Eksekutif & Legislatif

31
0
BERBAGI

Makassar, SuaraInfo.com — Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) DPRD Kota Makassar, melalui Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) menggelar Diskusi Publik tentang Sinergitas Legislatif dan Eksekutif Menyongsong Pembangunan Daerah Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Celino, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Selasa (05/12/2017).

Diskusi publik yang merupakan salah satu bentuk kemitraan anggota dewan dan masyarakat ini, diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan ormas di Kota Makassar.

Tampil sebagai narasumber Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali, Kepala Bappeda Makassar, Iriani Ridwan dan pengamat politik Universitas Hasanuddin, Jayadi Nas.

Dalam pemaparannya, Adi Rasyid Ali menyampaikan bahwa roda pemerintahan bisa berjalan maksimal jika ditopang dengan peran eksekutif dan legislatif, inilah kemudian yang disebut sinergitas.

“Kalau legislatif dan eksekutif tidak sinergi akan hancur sebuah pemerintahan, bahkan negara ini,” tegas legislator yang akrab disapa Ara ini.

Menurutnya, dalam perjalanan kedua pihak tersebut, adalah sebuah hal biasa jika terjadi konflik, apalagi jika terkait dengan fungsi masing-masing institusi.

“Terkadang DPRD kerap bersitegang dengan pemerintah dikarenakan tidak terjadi titik temu. Kalau ada DPRD adem-adem saja itu malah bisa tanda tanya, tapi kalau ada DPRD ribut-ribut itu baru produktif,” ungkap Ara.

Olehnya itu, ia menyampaikan bahwa sinergitas itu harus dibangun dengan baik karena apabila tidak ada sinergitas antara eksekutif dan legislatif, maka dipastikan yang akan merasakan langsung dampaknya adalah masyarakat.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

2 × 4 =