Puluhun Pelaku UMKM Belajar Aplikasi SIAPIK

Puluhun Pelaku UMKM Belajar Aplikasi SIAPIK

261
0
BERBAGI

Makassar, suarainfo.com—Puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Makassar mengikuti pelatihan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan(SIAPIK) di Kantor Pinbuk Sulsel, Jalan Sunu, pada Jumat(11/8/2017)

SIAPIK adalah aplikasi berbasis adroid yang dikembangakan Bank Indonesia untuk membantu UMKM dalam pencatatan transaksi keuangan berbasis android. Pelatihan SIAPIK digelar atas dukungan dari kantor perwakilan Bank Indonesia Sulsel.

Konsultan Pengembangan Usaha Mikro dan Menengah Bank Indonesia (UMKM BI) Sulsel, Dian Tangoi mengatakan, aplikasi SIAPIK berbasis android untuk membantu pelaku UMKM yang selama ini mengalami kendala dalam melakukan pencatatan keuangan. Aplikasi SIAPIK ini kata Dian, dapat digunakan rujukan untuk diperlihatkan dalam melakukan akses pembiayaan.

“Pelatihan ini difasilitasi oleh Bapak Arma Lantong dari Pinbuk Sulsel. Selain mengenalkan aplikasi SIAPIK, para peserta juga belajar dasar-dasar akuntasi serta bagaimana menggunakan aplikasi SIAPIK dalam mencatat jenis transaksi keuangan sederhana dan membuat laporan keuangan bagi UMKM pada sektor jasa,perdagangan,pertanian dan infrastruktur,” ungkapnya.

Kegiatan ini adalah rangkaian acara semarak hari UMKM Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2017. Berbagai kegiatan sepanjang bulan Agustus, selain SIAPIK juga digelar Sales Competition, Entrepreneur Club, FGD model pemberdayaan UMKM dan kegiatan lannya. (*/rls)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

16 − 2 =