PT TUN Kabulkan Gugatan Appi-Cicu, KPU Siapkan Kasasi

PT TUN Kabulkan Gugatan Appi-Cicu, KPU Siapkan Kasasi

104
0
BERBAGI
Ketgam: Kuasa Hukum KPU Makassar, Marhumah Majid

Suarainfo.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar bakal menyiapkan
langkah hukum lanjutan berupa kasasi di tingkat Mahkamah Agung (MA). Terhadap keputusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang mengabulkan gugatan Pilkada Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi- Cicu).

Kuasa Hukum KPU Makassar, Marhumah Majid mengatakan, upaya hukum ditingkat kasasi ini dilakukan lantaran KPU tidak meneriman keputusan tersebut Bahwa KPU selama proses pencalonan ini mulai dari penerimaan dukungan, verifikasi, hingga proses tahapan penetapan, KPU sudah melakukan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

“Jadi langkah KPU yang tidak menerima putusan ini bukan karena berpihak pada satu calon tetapi aturan yang mengatur dalam persidangan ini bahwa yang kalah masih bisa menempuh jalur selanjutnya yakni tingkat kasasi.
Itu yang akan kami lakukan paling lama 5 hari sejak dari sekarang,” kata, Marhumah Majid, di Kantor PT-TUN, Jl. Pengeran Pettarani, pada Rabu (21/3/2018).

Dijelaskan lagi, alasan KPU tidak menerima putusan ini karena apa yang dipersoalkan dalam perkara ini adalah sesuatu yang tidak diketahui oleh KPU sebelum menetapkan calon, sehingga tidak ada alasan yang mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh kpu itu salah

“Pertimbangan yang dikatakan bahwa KPU harus mengetahui segala sesuatu diluar sebelum menetapkan calon menurut saya itu keliru karena KPU hanya bekerja sesuai tugas dan kewenangannya sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku,” jelasnya.

Sebelumnya, majelis hakim PTTUN Makassar menerima gugatan sengketa Pilkada yang diajukan oleh pasangan Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi.

“Mengadili, satu mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya,” ujar ketua majelis hakim, Edi Suprianto.

Selain mengabulkan seluruh gugatan penggugat, majelis juga menyatakan membatalkan keputusan KPU Makasaar tentang penetapan pasangan calon Wali-Wakil Wali Kota Makassar.

Majelis juga memerintahkan penggugat untuk mencabut keputusan KPU Makasaar tentang penetapan pasangan calon Wali-Wakil Wali Kota Makassar. (*)

Editor: yuriesyurie

TIDAK ADA KOMENTAR