PPP Minta KPU Jaga Kerahasiaan Dukungan Independen

PPP Minta KPU Jaga Kerahasiaan Dukungan Independen

37
0
BERBAGI
FOTO: Ilustrasi/SuaraInfo.com

Makassar, SuaraInfo.com — Beredarnya sejumlah dokumen dukungan perseorangan, format B1-KWK membuat partai politik angkat bicara. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) misalnya, sangat menyangkan lantaran beredarnya format B1-KWK di media sosial.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PPP Sulsel, Rizal Syarifuddin mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mestinya harus menjaga kerahasiaan dukungan masyarakat terhadap calon perseorangan.

“Harus dijaga, sama halnya kerahasiaan pemilih ketika memberikan pilihannya di bilik suara,” kata Rizal, pada Rabu (13/12/2017).

Dia mengatakan, kualitas Pillkada bakal tercederai dengan menyerbarnya bukti dukungan perseorangan. Dia berharap, hal itu tidak terulang lagi, dan harus dijaga dengan baik oleh KPU.

“Bukti dukungan masyarakat sama halnya dengan pilihan pemilih dalam kertas suara, wajib dijaga kerahasiaannya,” tegasnya.

Temuan PPP dilapangan, kata dia, verifikasi yang dilakukan oleh KPU diganggu oleh orang-orang tertentu, dan KPU harusnya bersikap tegas untuk mengusir. Jika perlu KPU sudah meminta bantuan keamanan dari pihak kepolisian.

“Prinsip Pemilu kita kan bebas dan rahasia, bebas itu masyarakat dipersilahkan memilih siapa yang dia inginkan, dan rahasia menjadi keharusan bagi penyelenggara menjaga itu,” ucapnya.

Terkait polemik kekisruhan pada proses verifikasi faktual belakangan ini, maka pihaknya meminta KPU untuk menjaga kerahasian dukungan perseorangan.

“Selanjutnya kami meminta KPU untuk mengusir pihak-pihak yang tidak berkepentingan apapun terkait faktualisasi dukukan tersebut. Demi mewujudkan Pilkada kita lebih berkualitas yang bebas, umum dan rahasia,” tegasnya.

Terkait dengan tersebut, lanjut Rizal, jika KPU tidak melakukan perbaikan dalam hal faktualisasi dukungan perseorangan, maka PPP bersama koalisi partai politik akan melaporkan KPU sulsel selaku otoritas penyelenggara pemilu kepada Dewan Kehormatan Pemilu.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

19 − 10 =