Pengamat: IYL-Cakka Harus Lakukan Pengawalan Verifikasi Faktual

Pengamat: IYL-Cakka Harus Lakukan Pengawalan Verifikasi Faktual

478
0
BERBAGI

Makassar, SuaraInfo.com — Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) satu-satu pendaftar jalur independen di Pilgub Sulsel. Saat ini, KPU Sulsel telah melakukan proses verifikasi administrasi terhadap bukti dukungan IYL-Cakka.

Sebagai persiapan untuk mengawal proses verifikasi faktual di lapangan, tim pasangan yang menggunakan tagline “Punggawa Macakka”, Rumah Kita menggelar rapat koordinasi (Rakor) di 24 Kabupaten/Kota.

Menggapi hal tersebut, pengamat politik dari Unibos Makassar, Arief Wicaksono mengatakan, verifikasi yang dilakukan oleh KPU memang harus dikawal. Alasannya, karena bukan hanya paslon saja yang berpotensi melakukan kesalahan, akan tetapi penyelenggara, seperti KPU dan Panwaslu juga tetap memiliki potensi melakukan kesalahan dalam melaksanakan PKPU itu sendiri.

“Contohnya, KPU akan melakukan verifikasi faktual dengan metode sensus, artinya, semua yang didaftarkan sebagai pendukung harus dikroscek satu-satu. Untuk itu KPU dibantu oleh sebuah program/aplikasi yang akan mencocokkan data-data itu,” kata Arif Wicaksono, Minggu (4/11/2017).

Hanya memang, menurut informasi yang berkembang, kata Arief, sistem itu punya celah yang bisa membuat hasil olah data bisa saja tidak valid.

“Namun menurut informasinya, sistem itu punya celah, bahwa aplikasi itu tidak merupakan bagian dari regulasi KPU. Artinya, operator yang tidak berintegritas kemungkinan bisa saja melakukan kesalahan,” tandasnya.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

10 − five =