Penantang Kuat Danny Pomanto di Pilwalkot Makassar

Penantang Kuat Danny Pomanto di Pilwalkot Makassar

521
0
BERBAGI
FOTO: Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto/SuaraInfo.com

Makassar, SuaraInfo.com – Direktur Analis Politik dari Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menilai Petahana, Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto paling memungkinkan diusung banyak Partai Politik di Pilwalkot Makassar tahun 2018 mendatang.

Menurutnya, Danny masih memiliki elektabilitas yang tinggi. Hal ini banyak dinilai dari kinerja Danny yang terkesan cukup memuaskan masyarakat Makassar. Hanya saja, dia melanjutkan, meski Danny adalah figur incaran Parpol, tapi sulit untuk melawan kota kosong, pasalnya masih banyak figur potensial lainya yang memiliki kekuatan besar melawan Danny.

“Sebab pasti ada lawannya Danny, Irman YL (None) yang agak aman maju di pilwalkot karna bisa beriringan dengan kakaknya IYL yang ingin maju di pilgub sulsel membuat kehadiran None masih tanda tanya,” ungkap Suwadi, Selasa (14/2/2017).

Suwady menambhkan, jika None, sapaan akrab Irman YL tidak jadi maju, Maka yang paling memungkinkan untuk melawan Danny adalah gerbong mantan Wali Kota Ilham Arif Sirajuddin (IAS).

Diketahui, Gerbong IAS yang saat ini disebut-sebut akan bertarung pada Pilwalkot mendatang, yakni Samsu Rizal, Andi Rachmatika Dewi dan Aliyah Mustika.

“Kemungkinan besar dipersiapkan maju melawan Danny oleh IAS. Dimana, gerbong politik ini punya partai yaitu Demokrat, dan Nasdem, serta punya pengaruh meyakinkan parpol lain juga,” jelas Suwadi.

Selain Gerbong IAS, Suwadi menilai Partai Gerindra yang mengontrol 5 kursi di DPRD Makassar juga memiliki peluang besar. Apalagi, kata dia, figur Kegua Gerindra Sulsel Idris Manggabarani memiliki elektabilitas dan potensi menjadi rival Danny.

“IMB juga tinggi popularitas nya, dan kos politik siap. Selain IMB kita harus menghitung Husain Abdullah Jubir Wapres JK dipilwalkot, sebab dia punya potensi buat kejutan juga,” pungkasnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa, sebagai Partai besar dan memiliki kursi terbanyak d DPRD, Golkar juga memiliki peluang besar untuk mengusung kader.

Lanjut Suwadi, Ketua DPRD Makassar, Farouk M Betta dan Rusdin Abdullah juga memiliki power besar untuk bertarung di Pilwalkot.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

three × two =