Keren!, di Makassar Ada Kamera Pemantau Kejahatan

Keren!, di Makassar Ada Kamera Pemantau Kejahatan

248
0
BERBAGI
FOTO: Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendaral Tito Karnavian saat ditemui wartawan/Rabu, 12 April 2017/Mat/SuaraInfo.com

Makassar, SuaraInfo.com —  Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja di Mapolrestabes Makassar, Rabu (12/4/2017)0.

Ia mengatakan kunjungannya untuk melaunching Command Center Polrestabes Makassar atau ruang pengendali pusat CCTV yang terpasang untuk memantau keamanan kota Makassar.

“Yang mengintegrasikan anggaran Pemda, kepolisian dan sejumlah instansi terkait. Masayarakat nanti bisa mendonwload aplikasi, petugas juga bisa mendonwload aplikasi jika memerlukan bantuan keamanan. Maka bisa cepat datang ke lokasi. Masyarakat bisa melaporkan peristiwa-peristiwa yang terjadi. Real time,” jelasnya setelah meresmikan ruan pengendali pusat CCTV di Mapolrestabes Makassar.

Tito berharap dengan hadirnya aplikasi ini, diharpakan aparat kepolisian cepat tiba di lokasi. Selanjutnya, kata Dia, adanya CCTV yang sudah terpasang di 300 titik di Makassar. Dikatakan kedepannya akan ditambah lagi menjadi sebanyak 3000.

“Baru 300 satu saja saya lihat sudah luar biasa. Apalagi kalau ditambah menjadi 3000,” katanya.

Menurutnya, ia sudah berkeliling di kota-kota besar di Indoneaia, dan baru di Makassar yang memiliki sistem CCTV yang konprehensif.

“Hanya di makasaar yang saya lihat seperti ini. Dan bukan hanya itu bahkan sudah ada Peraturan Wali Kota yang mewajibkan untuk pemilik bangunan yang difungsikan untuk menjadi ruang publik. Seperti mal dan lain-lain wajib untuk di pasang CCTV dan terkonek dengan sistem Pemda. Jadi ini sangat luar biasa. Sehingga Makassar nantinya menjadi kota yang memiliki digital securyti atau keamanan digital,” ungkapnya.

Ia menambahkan, stemengan keaman digital itu, polisi akan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Dan dapat memantau situasi yang lebih baik tentang kegiatan masyarakat.

“Jadi tidak ada lagi tempat bersembunyi bagi pelaku kejahatan. Bagi pelanggar hukum. Termasuk bisa memantau apakah nanti jika ada kejadian-kejadian yang penting seperti malam tahun baru, hari raya lebaran dan adanya inseden-insiden. Dan ini akan bisa dipantau titik mata-mata yang melalui CCTV yang berteberan diseluruh kota Makassar,” kata Tito.(**)

(Reporter: Mat/SuaraInfo.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 × five =