Dewan Soroti Etika Kerja Laskar Pajak

Dewan Soroti Etika Kerja Laskar Pajak

174
0
BERBAGI
Foto: Suasana Rapat Pansus Ranperda Pajak Daerah

” Kerap Dikomplain Oleh Pihak Pengelola Hotel “

Makassar, Suarainfo.com— Anggota Pansus Ranperda Pajak Daerah DPRD Kota Makassar, Andi Nurman menilai Laskar Pajak bentukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) tidak terlalu memahami cara menghitung pajak sehingga kerap dikomplain oleh pihak pengelola hotel.

Hal itu diungkapkannya, di rapat pembahasan Ranperda tentang Pajak Daerah, di ruang Banggar, DPRD Kota Makassar, Jalan AP Pettarani, pada Selasa (3/10/2017)

“Laskar Pajak ini tidak terlalu memahami cara menghitung pajak, semua yang masuk di hotel dihitung sebagai tamu, sehingga berdampak terhadap besarnya penetapan pajak yang akan dibebankan,” terang, Andi Nurman.

Menurut Andi Nurman, sebelum bertugas ada baiknya Laskar Pajak dibekali dengan pemahaman dan pengetahuan seputar pajak. Sebab tugasnya bukan hanya mengawasi dan mencatat tamu serta pajak yang harus dibayarkan.

“Kita minta Bapenda untuk membekali Laskar Pajak pemgetahuan tentang seputar pajak sebab banyak diantara mereka yang kurang memahami,” ujarnya.

Sementara, anggota Pansus Ranperda Pajak Daerah lainnya, Basdir berharap agar Laskar Pajak lebih mengendepankan etika dalam bekerja. Pasalnya, beberapa laporan yang masuk dari pihak hotel terkait ulah laskar pajak yang dinilai tidak beretika.

Tak hanya itu, Basdir juga meminta pihak hotel dan Bapenda agar mengutarakan alasan rasional penetapan tarif pajak yang akan diberlakukan dalam Ranperda tersebut.

“Bapenda dan Managemen Hotel harus merasionalisasi dalam melihat tarif pajak yang akan diterapkan dalam Ranperda ini apakah terlalu tinggi atau sudah sesuai, tetapi harus disertai alas hukum yang jelas dan alasannya,” tandasnya. (*/Allang)

Editor: yuriesyurie

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 × 5 =