Cipayung Plus Kota Makassar Gelar Dialog Wujudkan Pesta Demokrasi Pemilu 2019 Yang...

Cipayung Plus Kota Makassar Gelar Dialog Wujudkan Pesta Demokrasi Pemilu 2019 Yang Aman dan Damai

61
0
BERBAGI

Suarainfo.com, MAKASSAR— Lembaga mahasiswa Cipayung Plus Kota Makassar menggelar dialog dan deklarasi kebhinekaan “Mewujudkan Pesta Demokrasi Pemilu 2019 Yang Aman dan Damai Demi Terciptanya Kondusifitas Berbangsa” di Warkop Dg Anas, Jl Faisal Raya, pada Senin (1/10/2018)

Hadir sebagai narasumber, Kasat Binmas AKBP Burhan mewakili Kapolrestabes Makassar, Pengamat Poltik Firdaus Muhammad, Panwaslu Makassar Nursari, Abd Hafid, dan Komisioner KPU Makassar Andi Syaifuddin.

Dikesempatan itu, AKBP Burhan mengatakan, untuk mengawal demokrasi Pemilu 2019 aman dan damai, Kepolisian dalam hal ini berfungsi memelihara situasi Kamtibmas bersama TNI dan ummat.

“Secara umum kondisi Makassar dalam situasi kondusif, pihak Kepolisian telah menyelenggarakan operasi untuk mengantisipasi jika ada perubahan situasi. Awalnya Sulsel masuk zona merah kemudian menjadi zona hijau. Keberhasilan ini Itu tidak semua dari kinerja Kepolisian tetapi bentuk kerjasama kepada satuan lainnya dan masyarakat termasuk mahasiswa,” paparnya

Lebih lanjut, pihaknya berharap kepada mahasiswa sebagai insan intelektual untuk bekerjasama membantu tugas – tugas Kepolisian menciptakan situasi yang kondusif.

Sementara, pengamat politik Firdaus Muhammad mengatakan, untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan damai, pemuda, akademisi, aktivis dan partai harus melakukan pendidikan politik.

“Kalau sekarang misi utama kita ada edukasi politik, akan bahaya sekali kalau generasi kita tidak paham demokrasi,” terangnya.

“Kalau kita mau anak muda tidak golput maka kita harus memberikan keteladanan, etika politik yang benar, dan mencontohkan akhlak yang baik,” lanjutnya.

Lebih lanju dikatakannya, peran aktif mahasiswa sebagai kader kader penerus bangsa yang berintektual tinggi sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran issu issu hoax yang dapat mengadu domba antar bangsa melalui segmen dan pemberitaan di media sosial.

“Rekan rekan mahasiswa dapat menjadi penyambung lidah masyarakat dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa hasil Pemilu 2019 akan mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik. Sehingga, masyarakat juga terdorong berpartisipasi politik secara damai,” ujarnya.

Kegiatan Dialog ini menghasilkan 5 poin deklarasi yang dibacakan secara bersama oleh ketua ketua Lembaga Mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Kota Makassar:

1. Menjunjung tinggi Pancasila dan UUD tahun 1945 bhinneka tunggal Ika dan menjaga keutuhan NKRI

2. Siap menciptakan pesta demokrasi Pemili 2019 yang terintegrasi aman, sejuk dan damai.

3. Tunduk dan patuh terhadap hukum dan aturan perundangan undangan yang berlaku.

4. Mengajak kepada semua pihak untuk menjaga kondusifitas keberlangsungan pesta demokrasi 2019 diseluruh Indonesia.

5. Meminta kepada seluruh peserta pemilu dan team sukses dan pihak pihak terkait untuk menjaga integritas guna mewujudkan pemilu aman dan damai.(**)

Editor: admin

TIDAK ADA KOMENTAR