Catat!, Ini Syarat Kelengkapan Dukumen Hewan Untuk Masuk Makassar Jelang Lebaran

Catat!, Ini Syarat Kelengkapan Dukumen Hewan Untuk Masuk Makassar Jelang Lebaran

162
0
BERBAGI
FOTO: Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian, Rahman Bando/Selasa, 6 Juni 2017/Adi/SuaraInfo.com

Makassar, SuaraInfo.com — Memasuki minggu ke dua Ramadhan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Makassar akan melakukan pengawasan ketat terhadap hewan ternak yang akan didistribusi masuk ke Kota Makassar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya hewan ilegal atau tidak layak konsumsi.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Makassar, Rahman Bando mengatakan, bahwa untuk kelengkapan dokumen hewan ternak, pihaknya akan memeriksa setidaknya ada tiga dokumen penting.
“Dari situ kita periksa dokumennya minimal ada tiga yang harus dimiliki, yang pertama surat keterangan asal hewan, kedua surat keterangan kesehatan hewan dan ketiga kartu hewan,” kata Rahman Bando saat ditemui di Gedung DPRD Kota Makassar, Jln AP Pettarani Makassar, pada Selasa (6/6/2017).

“Lanjutnya, jika di tahun 2017 ini ada yang tidak memiliki dokumen tersebut, maka pihaknya pastikan akan menindaki dan tidak boleh masuk ke Makassar.

“Sudah banyak yang dikembalikan di tahun 2014-2015 ke daerah asalnya. Kami persuasif polanya pembinaan, kita kasi brosur tentang apa yang harus mereka lengkapi,” ucapnya.

Olehnya dirinya mencetak ratusan lembar brosu di tahun 2016 untuk meberikan penegasan bahwa, jikalau sampai lewat nanti dan tidak lengkap akan diminta dikembalikan.

“Di 2017 ini tidak ada lagi toleransi kalau masih ada dokumen yang tidak lengkap. Kita akan suruh kembali ke daerahnya untuk mengurus,” ucapnya.

Meski demikian, dia mengakui bahwa tingkat perbaikan para peternak sudah meningkat. Dia memberikan gambaran di tahun 2014. Hanya sekitar 25 persen yang memiliki kelengkapan dokumen.

“Alhamdulillah, di tahun 2017 ini sudah di atas 90 persen yang sudah lengkap dokumennya. Paling ada sekitar 2-5 persen belum lengkap. Setelah itu baru kita yakin bahwa sapi, kambing, ayam dan hewan ternak lainnya yang kita potong itu adalah sehat,” tandasnya.(**)

(Reporter: Adi/SuaraInfo.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nine − seven =