Andi Seto Canangkan Sinjai Jadi Sentra Buah Naga

Andi Seto Canangkan Sinjai Jadi Sentra Buah Naga

130
0
BERBAGI
FOTO: Bakal calon Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa (tengah)

Sinjai, SuaraInfo.com — Bakal calon Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mencanangkan program Sinjai sebagai pusat budidaya bauh naga. Putra mantan Bupati Sinjai Andi Rudianto Asapa ini menilai bahwa buah naga dapat lebih memberikan nilai tambah dengan mendorong industri pembuatan jus buah naga.

“Sekarang ini kan buah naga dari Sinjai langsung dijual oleh petani, ke depan komoditi ini juga bisa diolah dulu misalnya membuat jus kemudian dikemas lalu dipasarkan, agar nilai jualnya lebih tinggi,” kata Andi Seto dikutip dari rilis yang diterima wartawan SuaraInfo.com, pada Minggu (20/8/2017) malam.

Ide ini menyusul setelah melihat Sinjai yang kini menjadi salah satu daerah penghasil buah naga di Sulawesi Selatan. Tanaman ini mulai dibudidayakan warga di Kecamatan Tellu Limpoe, khususnya di Desa Sukamaju sejak 2013.

Andi Seto melanjutkan, melihat potensi tanaman buah naga yang memiliki prospek cerah bagi masyarakat di daerah ini. Pasalnya, kondisi tanah di sejumlah kecamatan memang dinilai cocok untuk pengembangan tanaman ini.

Lebih jauh dia mengatakan, pemerintah harus melihat potensi buah naga ini sebagai komoditi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kalau saya diamanahkan untuk memimpin Sinjai, saya akan mendorong industri buah naga ini, misalnya dalam bentuk pelatihan dan bantuan bagi kelompok usaha pembuatan jus buah naga,” ujarnya.

Budidaya tamanan buah naga memang kian digandrungi warga di Sinjai. Selain di Kecamatan Tellulimpoe, tanaman sebangsa kaktus ini juga mulai dikembangkan warga di sejumlah desa di Kecamatan Sinjai Timur, dengan memanfaatkan lahan kosong atau halaman rumah mereka.(**)

(Citizen Reporter/SuaraInfo.com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two + 12 =