4 Obyek Wisata Maros Yang Wajib Anda Kunjungi

4 Obyek Wisata Maros Yang Wajib Anda Kunjungi

0
BERBAGI

Maros, SuaraInfo.com – Kabupaten Maros adalah satu salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar di Sulawesi Selatan. Dikenal dengan salah satu daerah yang masuk dalam kawasan wisata Nasional, tak sedikit wisatawan manca negara yang berkunjung ke Sulsel hanya untuk menikmati obyek wisata di Kabupaten Maros.

Penasaran dengan obyek wisata di Maros, Berikut 4 destinasi wisata yang wajib anda kunjungi:

1. Karst Rammang – rammang

FOTO: Obyek wisata Rammang-rammang, Maros/Sumber: Google

Panorama sungai yang terletak di Desa Selerang, Kecamatan Bontoa ini sangat menarik anda kunjungi untuk melepas penak di akhir pekan. Menulusuri sungai dengan perahu sambil menikmati nuansa pohon bakau dan nipa yang sangat sejuk.

Menatap kedasar sungai, singkapan batu kapur masih sangat terlihat jelas dengan mata telanjang. Juga pinggiran sungai sangat yang sangat menarik dengan krs batu kapur yang menyerupai benteng.

2. Cagar Alam Karaenta

FOTO: Kera jenis Macaca Maura di obyek wisata Karaengta, Maros/Sumber: Google

Kawasan hutan yang tergolong masih alami dan dilindungi ini, selain berfungsi mempertahankan cadangan air, juga terdapat berbagai spesies flora dan fauna sebgai sumber daya hayati.

Salah satunya Kera di Cagar Alam Karaenta, daya tarik kawasan ini karena memiliki goa yang panjangnya mencapai 2.200 Meter. Jika anda pernah berjalan – jelan ketempat ini, sudah pasti bertemu dengan kera jenis macaca Maura.

Speasis hewan yang sudah terbilang langakah ini masih hidup bebas di Kawasan hutan Maros. Jenis hewan ini juga termasuk kategori yang sangat dilindungi habitatnya. Kera-kera yang berada di kawasan ini sangat bersahabat dan dapat dipanggil kapanpun dengan bantuan jagawana.

Panorama alam yang terletak di Jalan Poros Maros – Bone ini sangat indah dan kekayaan flora dan fauna serta letaknya yang strategis membuat Cagar alam Karaenta yang terletak di Kecamatan cenrana ini, semakin populer dan ramai dikunjungi wisatawan.

4. Taman Prasejarah Leang-Leang

FOTO: Obyek wisata Leng – laeng, Maros/Sumber: Google

Terletak pada deretan bukit kapur/karts yang curam di kelurahan Kalabbirang Kecamatan bantimurung. Lokasi ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 – 30 menit dari Kawasan Bantimurung.

Bagi anda yang senang menelisik keberadaan Goa, inilah tempatnya. Tidak sedikit arkeolong yang telah melakukan penelitian di Laeng – laeng berpendapat bahwa Goa tersebut pernah dihuni manusia sekitar 3000-8000 tahun SM.

Keberadaan lukisan prasejarah juga menjadi tanda gowa prasejarah tersebut, berupa gambar babi rusa yang sedang melompat, puluhan gambar telapak tangan yang ada pada dinding-dinding goa. Selain lukisan prasejarah, juga terdapat benda-benda laut yang menandakan bahwa daerah tersebut juga pernah terendam air laut.

4. Obyek Wesata Nasional Bantimurung

FOTO: Obyek wisata Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Maros/Sumber: Google

Terletak di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan bantimurung. embah bukit kapur/karst yang curam dengan vegetasi tropis yang subur sehingga selain memiliki air terjun juga menjadi habitat kupu-kupu, burung dan serangga langka

Ditahun 1856-1857 seorang naturalis Inggris yang terkemuka bernama “Alfred Russel Wallace” menghabiskan sebagian hidupnya di kawasan ini untuk menikmati dan meneliti 150 spesies kupu-kupu yang terbilang langka dan tidak dijumpai di daerah lain seperti spesies Papilio Androcles.

Anda penasaran dengan Wisata Alam Bantimurung?, jangan tanggung – tanggung, begitu sampai lelah dan penak anda sepanjang perjalanan akan tiba sevcara segerah. Hanya berjarak 40 KM dari Makassarm, dengan waktu tempuh sekira 1 jam berkendara.

Setiap tahunnya ratusan ribu wisatawan dari mancanegara dan Nusantara tercatat sebagai pengunjung obyek wisata ini.(*)

BERBAGI

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × 1 =